-->

Soal Hot Simulasi Ujian Nasional Tingkat SMP/MTS Tahun Ajaran 2019/2020

Berikut saya bagikan contoh soal SIMULASI Ujian Nasional tingkat SMP/MTS (Bahasa Indonesia) untuk referensi atau memberi pembelajaran tambahan agar anak didik bisa lebih memahami secara mendetail.

A. Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang paling benar!

1. Bacalah teks berikut!

Banjir bandang (……) banjir yang besar dan datang dengan tiba-tiba. Air mengalir dengan deras menghanyutkan benda-benda besar (…….) banjir ini merusak berbagai sarana-prasarana yang dilewatinya. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah . . .

a. Adalah, melainkan
b. Merupakan, seperti
c. Merupakan, dan
d. Adalah, seperti

2. Bacalah teks berikut!

Panti asuhan ramah anak kini makin berkembang. Hal itu karena panti asuhan ini banyak menerima donator dari para dermawan. Dana yang secara rutin ditransformasi ke rekening panti itu sangat membantu keuangan panti. Bantuan dana itu digunakan untuk mencukupi kegiatan panti setiap bulan. Pengganti istilah donator dan ditransformasi pada teks di atas adalah . . .

a. Dana, ditransfer
b. Donasi, ditransfer
c. Donor, ditransferisasi
d. Donasi, ditransfusi

3. Bacalah kalimat berikut!

Gedung itu direnovasi dengan (…….) ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . .

a. Menyibukkan
b. Menampilkan
c. Menjadikan
d. Melibatkan

4. Bacalah petunjuk berikut!

Petunjuk pemakaian senter 1. tutup kembali bagian yang sudah dibuka 2. buka tutup bagian belakang 3. tekan tombol dengan baik 4. masukkan batrai dengan kepala kea rah depan semua Urutan petunjuk pemakaian senter tersebut yang tepat adalah . . .

a. 2-4-1-3
b. 2-1-3-4
c. 3-2-1-4
d. 4-3-2-1

5. Bacalah teks berikut!

(1) Keluarga Ariza sangat menggemari makanan laut. (2) Hari Minggu, Ariza menemani ibunya ke pasar. (3) Mereka membeli udang, kepiting, cumi-cumi dan ikan. Penggunaan tanda baca pada kalimat ketiga teks tersebut salah karena . . .

a. Tanda baca hungng (-) tidak diperlukan.
b. Terdapat tanda baca koma (,) setelah kepiting.
c. Seharusnya terdapat tanda baca koma (,) setelah cumi-cumi.
d. Seharusnya terdapat tanda baca titik dua (:) setelah membeli.

6. Perhatikan kalimat berikut!

Pemerintah dari rakyat untuk rakyat adalah perwujudan demokrasi (…..) zaman ke zaman. Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . .

a. Di
b. Ke
c. Dari
d. Pada

7. Bacalah kutipan cerita berikut!

Tanah di perkebunan umum itu masih basah ketika para pelayat sudah pulang. Sementara aku masih duduk sambil sesekali menyeka air mata. Ibu yang selam ini paling aku sayangi dan hormati tadi malam telah menghadap tuhan. Latar suasana yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah . . .

a. Sedih
b. Kecewa
c. Marah
d. Khawatir

8. Bacalah kalimat berikut!

“Umi, tidakkah kamu tahu bahwa (…..) Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?” Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . .

a. Sang
b. Dang
c. Si
d. Yang

9. Bacalah kalimat berikut!

“(…..), ambillah pemberianku ini!” kata Uzi sambil menyodorkan bingkisan. Kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . .

a. Amboi
b. Hore
c. Nah
d. Wah

10. Bacalah teks berikut!

(1) Terkena serangan jantung adalah pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang membuat seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satunya adalah tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol. Kalimat utama paragraph tersebut ditandai dengan nomor . . .

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

Kunci Jawaban!
1. C
2. B
3. D
4. A
5. C
6. C
7. A
8. A
9. C
10. A

Demikian beberapa soal hot simulasi Ujian Nasional tingkat SMP/MTS. Semoga bermanfaat.

klik untuk komentar