Jenjang
Pendidikan : Madrasah Ibtida’iyah Alokasi Waktu
: 90 menit
Mata Pelajaran : TEMA 1 Jumlah Instrumen
(soal) : 35 butir
Kelas/Smt./Tapel : V/Ganjil/2018/2019
Bentuk Instrumen (soal) : a. PG : 20
butir, No.1-
20
b. Isian : 10 butit, No.21-30
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MAPEL
|
INDIKATOR SOAL
|
LEVEL KOGNITIF
|
BENTUK SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
3.1 Menerima nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa
|
PKN
|
· Siswa
dapat mengidentifikasi lambang pancasila.
· Siswa
dapat menyebutkan perilaku yang mencerminkan nilai nilai luhur pancasila.
· Siswa
dapat menunjukan perilaku yang mencerminkan nilai nilai luhur pancasila.
· Siswa
dapat menyebutkan sila-sila pancasila.
|
C 1
|
Pilihan ganda
|
1
2
3
4,
|
4.1 Bersikap jujur sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
|
· Siswa
dapat menunjukanbentuk contoh perilaku sesuai sila pancasila.
|
C2
|
Isian
|
21, 22
|
||
· Siswa
dapat menyebutkan perilaku yang sesuai dan tidak
sesuai
dengan nilai-nilai pancasila.
|
C3
|
Uraian
|
31
|
|||
2
|
3.1
Menentukan pokok
pikiran dalam
teks lisan dan tulis
|
B. Indo
|
· Siswa
dapat memahami pengertian Ide pokok
|
C 1
|
Pilihan ganda
|
5
|
· Siswa
dapat mengindentifikasi j ide pokok dan kalimat pengembang
· Disajikan
bacaan, Siswa dapat Menentukan dan membedakan
ide pokok dengan kalimat pengembang
dalam paragraf
|
C2
C3, C4
|
Pilihan ganda
dan isian
Pilihan ganda
|
6
24,
7, 8
|
|||
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual
|
· Siswa
dapat mengembangkan idepokok menjadi sebuah paragraf pengembang.
|
C3
|
Pilihan ganda
|
32
|
||
2
|
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia
|
IPA
|
· Siswa
dapat mengidentifikasi alat gerak pada hewan dan fungsinnya
· Siswa
dapat mengidentifikasi kelainan tulang Pada manusia
· Siswa
dapat membedakan jenis hewan yang tergolong Vertebrata dan Invertebrata
|
C 1
C2
C2
|
Pilihan ganda
dan Isian
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Uraian
|
9, 25
11
12, 10
33
|
4.1 Membuat model sederhana alat gerak
manusia dan hewan
|
· Disajikan
gambar kerangka hewan, Siswa dapat
menunjukkan alat gerak pada hewan
|
C3
|
Isian
|
26
|
||
4
|
3.1
Mengindentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai kepulauan /
Maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi, serta transportasi.
|
IPS
|
· Siswa
dapat mengindentifikasi karakteristik letak geografis indonesia.
· Siswa
dapat mengkategorikan persebaran flora dan fauna di indonesia.
· Siswa
dapat menyesuaikan dampak dari kondisi geografis indonesia sebagai negara
maritim.
|
C 1
|
Pilihan ganda
dan isian
|
13, 14, dan
27
|
C2
|
Pilihan ganda
dan isian
|
15 dan 28
|
||||
C3
|
Pilihan ganda
|
16
|
||||
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial
budaya, ekonomi.
|
· Siswa
dapat merasionalkan pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim dalam
bidang kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
|
C4
|
uraian
|
34
|
||
5
|
3.1 Memahami gambar cerita
|
SBdP
|
·
Siswa dapat menyebutkan beberapa corak
dan media gambar cerita yang digunakan
·
disajikan pernyataan, siswa dapat
menganalisis isi komik
·
siswa dapat menemukan tujuan membuat
gambar ilustrasi
|
C1
C3
C3
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Isian
|
17,18
20
29
|
4.1. membuat gambar cerita
|
·
Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah membuat gambar ilustrasi
·
siswa dapat menentukan unsur-unsur sampul
atau kover buku
|
C3
C3
|
Uraian
Isian
|
35
30
|