-->

KISI-KISI PENULISAN SOAL PKN SEMESTER 1 - PTS GANJIL

KISI-KISI PENULISAN INSTRUMEN ( SOAL ) PTS GANJIL

Jenjang Pendidikan         : Madrasah Ibtida’iyah                   Alokasi Waktu                   : 90 menit
Mata Pelajaran                 : TEMA 1                                      Jumlah Instrumen (soal)    : 35 butir
Kelas/Smt./Tapel             : V/Ganjil/2018/2019             
Bentuk Instrumen (soal)  :  a. PG       : 20 butir, No.1- 20
                                                                  b. Isian   : 10 butit, No.21-30
  Kurikulum Acuan            :  2013  
                                           

NO
KOMPETENSI DASAR
MAPEL
INDIKATOR SOAL
LEVEL KOGNITIF
BENTUK SOAL
NOMOR SOAL
1
3.1 Menerima nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari  sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

PKN
·  Siswa dapat mengidentifikasi lambang pancasila.
·  Siswa dapat menyebutkan perilaku yang mencerminkan nilai nilai luhur pancasila.
·  Siswa dapat menunjukan perilaku yang mencerminkan nilai nilai luhur pancasila.
·  Siswa dapat menyebutkan sila-sila pancasila.





C 1




Pilihan ganda
1



2





3



4,
4.1 Bersikap jujur sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

·  Siswa dapat menunjukanbentuk  contoh perilaku sesuai sila pancasila.

C2

Isian

21, 22
·  Siswa dapat menyebutkan  perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

C3

Uraian

31
2
3.1 Menentukan pokok  pikiran dalam teks lisan dan tulis
B. Indo
·   Siswa dapat memahami pengertian Ide pokok
C 1
Pilihan ganda
5
·   Siswa dapat mengindentifikasi j ide pokok dan kalimat pengembang
·   Disajikan bacaan, Siswa dapat Menentukan dan membedakan  ide pokok dengan kalimat pengembang  dalam paragraf
C2


C3, C4
Pilihan ganda dan isian 


Pilihan ganda
6
24,



7, 8

4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual
·   Siswa dapat mengembangkan idepokok menjadi sebuah paragraf pengembang.
C3
Pilihan ganda
32
2
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
IPA
·   Siswa dapat mengidentifikasi alat gerak pada hewan dan fungsinnya
·   Siswa dapat mengidentifikasi kelainan  tulang Pada manusia
·   Siswa dapat membedakan jenis hewan yang tergolong Vertebrata dan Invertebrata
C 1




C2



C2
Pilihan ganda dan Isian

Pilihan ganda


Pilihan ganda
Uraian
9, 25




11



12, 10
33

4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan
·   Disajikan gambar kerangka hewan, Siswa  dapat menunjukkan alat gerak pada hewan

C3

Isian

26

4
3.1 Mengindentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai kepulauan / Maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
IPS
·   Siswa dapat mengindentifikasi karakteristik letak geografis indonesia.
·   Siswa dapat mengkategorikan persebaran flora dan fauna di indonesia.
·   Siswa dapat menyesuaikan dampak dari kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim.
C 1
Pilihan ganda dan isian
13, 14, dan 27
C2
Pilihan ganda dan isian
15 dan 28
C3
Pilihan ganda
16
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi.
·   Siswa dapat merasionalkan pengaruh kondisi geografis  indonesia sebagai negara maritim dalam bidang kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi, serta transportasi.
C4
uraian
34
5
3.1 Memahami  gambar cerita
SBdP
·    Siswa dapat menyebutkan beberapa corak dan media gambar cerita yang digunakan
·    disajikan pernyataan, siswa dapat menganalisis isi komik
·    siswa dapat menemukan tujuan membuat gambar ilustrasi
C1







C3

C3
Pilihan ganda





Pilihan ganda



Isian
17,18






20




29
4.1. membuat gambar cerita

·    Siswa dapat menyebutkan  langkah-langkah membuat  gambar ilustrasi
·     siswa dapat menentukan unsur-unsur sampul atau kover buku
C3




C3
Uraian




Isian
35




30


 demikian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat

klik untuk komentar