-->

CARA MENAMBAHKAN HURUF ARAB DI WORD


Font atau Huruf Arab memang terkadang penting walau kita tidak tinggal di timur tengah, sebagian besar guru agama membutuhkan tulisan arab untuk membuat soal ulangan anak didiknya, dan sebagian besar laptop belum teristall atau belum ada font atau huruf arabnya, maka disini admin akan memberikan tutorial atau cara untuk menambahkan font atau tulisan arab di windows atau laptop kita dengan sangat mudah tanpa install yang macam macam. oke kita lanjut ke tutorial

1. Klik di pojok kanan bawah yang ada tulisan jam dan tanggalnya
2. Jika sudah klik seperti gambar di bawah lalu Klik tulisan Change date and time settings...
3. Setelah Klik tulisan Change date and time settings... nanti akan ada endela baru, klik saja Change calendar setting
4. setelah Klik gambar diatas nanti akan ada 2 jendela yang muncul, yang pertama jendela Region and Language, dan yang kedua jendela Customize format, kita close saja jendela yang Customize format, jadi sampai disini kita hanya fokus pada jendela Region and Language.
5. Pada jendela Region dan language kita klik pada tab keyboard dan Language, lihat gambar yang saya beri kotak merah.
6. Setelah masuk pada tab keyboard and language kita pilih Change keyboard, nanti jendela penamabhan bahasa akan muncul.
7. sampai pada tahap ini kita klik atau pilih Add, untuk menambahkan bahasa atau tulisan Arab.
8. selesai memilih Add, lalu muncul jendela baru untuk menambahkan bahasa atau tulisan yang kita inginkan, pilih Arabic (Saudi Arabia), keyboard, centang pada pilihan Arabic (101) lalu pilih tombol Ok di pojok kanan atas, Lihat Gambar.
9. Selanjutnya kita cek apakah bahasa atau tulisan sudah ditambahkan, kalau sudah nanti akan ada 2 bahasa di tampilan tersebut (lihat gambar) jika sudah ada langsung kita pilih tombol Apply dan Ok.
10. Setelah langkah langkah diatas sudah dilakukan semua tinggal kita test apakah langkah yang kita lakukan tadi berhasil, dengan cara buka office Word (lihat gambar)
cari tombol yang saya kasih tanda panah lalu klik, maka akan tampil 2 pilihan bahasa, AR untuk Arab, dan EN untuk english atau latin yang biasa kita gunakan. selasai.

Semoga bermanfaat

klik untuk komentar